MANFAAT BATANG PEPAYA

Manfaat Batang Pepaya
=====================







Pepaya merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia yang sering di gunakan obat seperti Obat Titan Gel. Di malaysia, nama lain pepaya adalah betik. Sedangkan di Jawa, pepaya juga sering disebut sebagai kates. Umumnya, buah asal California ini ditanam oleh masyarakat indonesia sebagai tanaman kebun. Selain buahnya, masyarakat juga biasa memanfaatkan bunga dan batang pepaya sebagai sumber pangan maupun bahan obat herbal.

Batang pepaya sering dijadikan bahan obat herbal karena kandungannya. Kandungan batang pepaya antara lain 5,24% karbohidrat, 2,74% serat, 0,32% protein dan 82,32% air. Kandungan semacam ini membuat batang betis juga bisa dijadikan sumber pangan dengan cara diolah menjadi makanan ringan, jenang atau manisan.

Adapun manfaat batang pepaya yang sangat berguna bagi kesehatan antara lain:

1. Menurunkan resiko diabetes

Mengkonsumsi nasi atau karbohidrat dari makanan lain dalam porsi banyak dapat meningkatkan resiko penyakit gula darah. Namun, hal ini tak berlaku bagi karbohidrat yang terbuat dari olahan batang pepaya. Pasalnya, batang tanaman ini juga mengandung serat yang dapat menurunkan resiko diabetes.

2. Menjaga kesehatan jantung

Serat dalam batang pepaya juga berguna untuk menurunkan kolesterol. Karenanya, mengkonsumsi batang tanaman ini juga dapat menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan dari resiko serangan jantung koroner. Tak hanya itu, protein dalam batang tanaman ini juga akan membantu jantung tetap dalam kondisi prima.

3. Mencegah peradangan usus

Radang usus atau polip usus merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan feses dalam usus. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang asupan serat sehingga feses tidak dapat dikeluarkan secara teratur. Mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti batang pohon pepaya adalah solusi yang paling pas untuk mengatasi dan mencegah masalah semacam ini.

4. Mengeluarkan duri

Belum banyak yang tahu manfaat batang pepaya yang satu ini. Pohon pepaya akan mengeluarkan getah berwarna putih susu ketika disayat. Getah inilah yang berguna untuk mengeluarkan duri, serpihan kayu atau serpihan kaca yang masuk ke permukaan kulit.

Caranya, teteskan getah pohon pepaya pada area yang tertusuk duri. Biarkan sesaat dan duri akan keluar dengan sendirinya.

5. Mendukung metabolisme tubuh

Manfaat batang pepaya lainnya adalah untuk mendukung metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan batang pepaya mengandung protein yang mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dan melancarkan penyerapan sehingga metabolisme menjadi lebih lancar. Selain itu, tubuh juga akan lebih tahan terhadap penyakit.

6. Menyehatkan janin

Mengkonsumsi protein yang cukup selama awal kehamilan dapat mendukung pembentukan otak dan otot pada janin. Karenanya, mengganti asupan nasi dengan batang pepaya sangat baik bagi ibu hamil karena dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat sekaligus membantu mencukupi kebutuhan protein. Untuk menyeimbangkan, Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan cold dan alpukat untuk mencerdaskan otak janin.

7. Mengurangi depresi

Manfaat batang pepaya lainnya adalah untuk mengurangi depresi. Manfaat ini juga masih terkait dengan kandungan protein di dalamnya. Dalam jumlah cukup, perotein akan membantu mencegah depresi serta meminimalisir rasa capek selepas aktivitas.

8. Membantu memlihara sel tubuh

Protein dalam batang pepaya menjadi asupan yang paling pas untuk menjaga kesehatan sel. Protein akan memelihara sel tubuh yang sehat serta meregenerasi sel tubuh yang rusak.

9. Sumber energi tubuh

Sudah dibahas sebelumnya jika batang pepaya mengandung karbohidrat cukup tinggi. Karenanya, mengkonsumsi batang tanaman ini dapat memberikan energi tubuh selayaknya mengkonsumsi nasi atau roti.

10. Mengendalikan berat badan

Tidak semua karbohidrat akan membuat badan lebih gemuk. Misalnya saja karbohidrat yang berasal dari batang pepaya. Meski dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat, batang tanaman ini tidak akan membuat tubuh semakin tambun karena tidak mengandung banyak gula. Tak hanya itu, batang yang tidak bercabang ini juga mengandung serat yang juga dapat memperlancar pencernaan.

Komentar